STRATEGI PERCEPATAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN PADA PEREMPUAN MISKIN PERKOTAAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN PER-KAPITA KELUARGA

Oleh : Zakaria

Program Manager Yayasan Jalatera

 

Kelurahan Tipes merupakan kelurahan paling miskin di Kecamatan Serengan di Surakarta. Adapun kantong kemiskinan kelurahan Tipes berada di RW 13, hampir sebagian besar masyarakatnya tinggal di tanah negara yang berupa tanah makam dan bantaran sungai Jenes. Yayasan JALATERA memiliki komitmen yang tinggi untuk melakukan proses-proses advokasi ke pemerintah daerah, agar kantong-kantong kemiskinan digarap secara serius sehingga masyarakatnya bisa hidup bermartabat dan mendapatkan hak untuk sejahtera.

 

RW 13 Kelurahan Tipes dicanangkan oleh Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kota surakarta sebagai pilot project percepatan penanggulangan kemiskinan. JALATERA melakukan proses pendampingan untuk pemetaan dengan metodologi Participatory Poverty Assesment (PPA) guna menghasilkan dokumen potensi dan masalah lingkungan, mulai dari perbaikan atas data warga miskin juga melakukan proses pemetaan  kemiskinan berbasis spasial atau lingkungan.

 

Salah satu potensi perempuan miskin di wilayah tersebut adalah memiliki kemampuan menjahit, dengan memanfaatkan limbah kain perca yang merupakan sisa potongan dari pabrik konveksi. JALATERA mendorong proses-proses advokasi percepatan penanggulangan kemiskinan, adapun tahapan kegiatan untuk mendorong pendapatan perempuan miskin perkotaan adalah sebagai berikut :

Adapun dampak kelompok ekonomi yang lain adalah sebagai berikut :

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas