Program Hygiene & Behaviour Change Coalition (HBCC) SNV Koalisi Perubahan Perilaku dan Kebersihan

Yayasan Jalatera bekerjasama dengan Stichting Nederlandse Vrijwilligers (SNV) dalam Program Hygiene & Behaviour Change Coalition (HBCC) SNV/ Koalisi Perubahan Perilaku dan Kebersihan adalah program kemitraan antara Pemerintah Inggris & Unilever yang bertujuan untuk memperlambat penyebaran COVID-19 terutama bagi kelompok rentan melalui promosi perilaku kebersihan.

Tujuan program HBCC ini adalah untukĀ  memperkuat dan menyesuaikan pesan-pesan promosi COVID-19 di Kota Surakarta dan memastikan segmentasi yang sesuai dengan kelompok sasaran. Stichting Nederlandse Vrijwilligers (SNV) atau biasa disebut SNV Netherlands Development Organisation bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surakarta dalam Program HBCC.

Salah satu kegiatan dalam program ini melakukan survey perilaku kebersihan masyarakat dan pengelola di fasilitas umum yaitu Pasar, Sekolah dan Puskesmas. Ada 5 puskesmas, 10 Sekolah dan 6 Pasar yang ditunjuk oleh Dinas terkait. Survey dilaksanakan 4 orang staf Yayasan Jalatera selama 3 kali. Survey awal sebelum program berjalan, tengah program dan akhir program. Survey dilakukan untuk melihat perilaku kebersihan baik pengunjung maupun pengelola fasum dalam pencegahan penularan covid 19..

fasilitas CTPS Puskesmas Nusukan

Selain survey kegiatan lain dalam program ini adalah melatih 90 Dokter Kecil, 192 Guru dalam Program School of Five dan 125 Tenaga Kesehatan dan Petugas Kebersihan yang ada di Sekolah, Pasar dan Puskesmas. Pelatihan meliputi bagaimana melakukan pembersihan di tempat masing-masing, tahapan melakukan pembersihan, menyiapkan bahan disinfektan dan menggunakan APD yang benar.

Sebagai bentuk apresiasi dan reward atas terlaksananya semua kegiatan dalam program HBCC ini maka SNV Netherlands Development Organisation memberikan reward dan apresiasi kepada Siswa/i yang sudah mengikuti kegiatan yaitu membuat video dan poster tentang covid 19. Reward berupa Hp dan Tas. Satu set alat kebersihan dan alat cuci tangan pakai sabun injak portabelĀ  juga diberikan untuk 10 sekolah sasaran program HBCC. Satu set alat kebersihan dan sound system bagi pemenang reward 5 bintang di pasar dan puskesmas. Semoga apresiasi dan reward ini bisa membantu Kota Surakarta dalam penanggulangan penyebaran Covid 19 di Kota Surakarta.

Team Enumerator sedang mewawancara dr. Basundari tentang terkait perubahan perilaku paska Covid

SNV Netherlands Development Organisation berharap bahwa program ini bisa direplikasi oleh Pemerintah Kota Surakarta untuk bisa lebih baik dalam memberikan pemahaman tentang penanggulangan penyebaran covid 19.

Lokasi Program HBCC di Kota Surakarta

No Sekolah No Puskesmas No Pasar
1 SDN Karangasem 4 1 Purwosari 1 Kadipolo
2 SDN Sondakan 2 Nusukan 2 Gede
3 SDN Manahan 3 Gajahan 3 Nusukan
4 SDN Petoran 4 Gilingan 4 Jongke
5 SDN Kedunglumbu 5 Sibela 5 Hardjodaksino
6 SDN Sampangan 6 Notohardjo
7 SDN Ngemplak
8 SD Al Islam 2 Jamsaren
9 MI Al Islam Jamsaren
10 MIN Surakarta

 

Program Hygiene & Behaviour Change Coalition (HBCC) SNV Koalisi Perubahan Perilaku dan Kebersihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *